RSS

PAPER-BASED APPLET : MELATIH NUMBER SENSE ANAK MELALUI NUMBER FACTORY GAME


Mathematics Java Applet
Salah satu permainan matematika yang tersedia di applet adalah Number factory, atau yang disebut dengan pabrik angka. Sesuai dengan namanya, dalam permainan ini ada sebuah pabrik yang akan mengeluarkan 5 angka sekaligus yang terdiri satu angka target dan empat angka dasar. Aturan permainannya adalah Anda harus menyusun dan mengoperasikan keempat angka dasar tersebut sedemikian rupa dengan menggunakan operasi hitung (+, -, : , and x) dan tanda kurung yang telah tersedia untuk menghasilkan angka target yang telah diberikan sebagai jawaban.
Susunan angka serta operasi yang digunakan diserahkan kepada pemain, yang penting adalah bagaimana memperoleh jawaban akhir yang harus sama dengan angka target yang tersedia di atas pabrik.
Permainan ini melatih kemampuan berpikir anak, terutama kemampuan number sense dan intelegent guessing yakni intuisi anak dalam menebak secara cerdas dan logis. Sebab permainan ini pada dasarnya dimulai dengan strategi guess and check, yakni bagaimana menebak aturan penempatan angka serta penggunaan operasi hitung yang tepat. Permainan ini dapat Anda dapat kunjungi di http://www.fisme.science.uu.nl/toepassingen/03362/
Jika seandainya guru/pembaca ingin menjadikan game ini sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik, namun di sekolah/di rumah tidak tersedian jaringan internet, tidak perlu khawatir. Ide matematika number factory yang dituangkan ke dalam bentuk paper-based game dapat menjawab kekhawatiran tersebut. Caranya yaitu sebagai berikut.
Buatlah kartu-kartu angka dari karton. Satu set terdiri dari 5 kartu; 1 kartu untuk angka target dan 4 kartu untuk angka dasar. Agar terlihat lebih menarik, Anda dapat membuat kartu angka yang berwarna-warni dan membedakan bentuk kartu untuk angka target dan angka dasar. Selanjutnya, isilah setiap kartu tersebut dengan angka-angka pilihan Anda. Dari 4 angka dasar yang Anda buat, dapat tercipta lebih dari satu angka target, contohnya adalah sebagai berikut.

                               

Untuk menyelesaikan permainan ini, susunlah 4 angka dasar tersebut dengan menggunakan operasi dasar hitung (+, -, : , and x) dan tanda kurung (jika diperlukan) untuk mencapai angka target. Contoh susunan angka penyelesaian untuk soal di atas adalah;
   
                              
                              
Dari 2 susunan angka-angka di atas, terlihat bahwa melalui permainan ini Anda dapat menjelaskan perbedaan penyelesaian 6: 3 + 5 x 9 dan (6: 3 + 5) x 9. Demikian demikian, melalui permainan Number Factory Anda dapat menyampaikan konsep dasar penyelesaian operasi hitung campuran dengan cara yang menarik tentunya.  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar